Oleh: gragecirebon | 19-Mei-2008

Ngoprek Header Blog GrageCirebon

Sudah lama saya tidak mengutak-atik situs Cirebon. Kemarin iseng-iseng sambil menjajal aplikasi WordPress, saya membuat blog GrageCirebon dadakan. Lantas, dari niat dadakan itu sayapun kemudian mencoba lebih jauh untuk mengaktifkan lagi situs Cirebon yang dulu pernah saya buat. Kalau gak salah masih ada file lama dan foto yang bisa dipakai di hardisk saya.

Benar saja, setelah mengaduk-aduk file lama, saya temukan file-file yang dulu digunakan untuk situs percobaan saya yang pertama mengenai Kota Cirebon. Foto-fotonya masih lumayan bagus. Dulu dijepret dengan kamera digital generasi pertama yang bentuknya bulat. Lumayanlah ketimbang tidak ada. Saya ambil kemudian foto yang termasuk tidak dipengaruhi waktu yaitu : foto Gua Sunyaragi, Gunung Ciremai, dan Penari Topeng Cirebon yang legendaris yaitu foto Ibu Suji almarhum, mbahnya Tari Topeng Cirebon. Dulu foto Tari Topeng itu juga menghiasi situs Cirebon. Foto penari topeng itu sebenarnya saya scanning dari buku panduan Wisata Indonesia terbitan Periplus.

Setelah cropping dan retouch disana-sini, maka jadilah banner utama Blog GrageCirebon dengan gambar sekarang ini. Gambar ini sebenarnya saya tumpuk dengan header asli template Seashore. Jadi, di background sebenarnya gambar laut. Entah pantai mana, yang jelas pantai Cirebon tidak sebagus gambar yang jadi header Seashore itu. Tapi , tak apalah, saya tutupi dengan layer gambar Gua Sunyaragi dengan latar belakang Gunung Ciremai, kemudian di bagian kanan ada sobekan foto Gapura Gua Sunyaragi paling belakang. Itu asli bukan cropingan karena memang latar belakang Gua Sunyaragi kalau udara cerah akan menampilkan sosok Gunung Ciremai, gunung yang tertinggi di Jawa Barat.

Panoramanya sebenarnya sangat bagus. Selain background Gunung Ciremai, di latas belakang juga ada instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Sunyaragi. Nuansa awannya kalau cerah akan kelihatan menyelimuti kaki Gunung Ciremai yang punggung gunungnya agak benjol.

Background itu kemudian dilapisi layer kuning dengan penari topeng dan tentunya Peta Indonesia dengan noktah kecil bertuliskan Cirebon. Kemudian, saya tempatkan bola dunia di sudut kiri yang menzoom Peta Indonesia dengan satu titik meraj bertuliskan Cirebon. Jadi Cirebon itu memang masih di Bumi hehehe…

Kemudian, dibagian tengah yang lowong saya tempatkan balon komikal dengan nuansa kejutan atau ledakan. Didalamnya tertulis “Priben kabare ca? Waras Tah” artinya “bagaimana kabarmu bung? masih waras kan”. Ini sapaan khas Wong Cirebon kalau sudah lama tak ketemu dan berjumpa di suatu kesempatan.

Teks yang menghiasi bagian atas tulisan GrageCirebon yaitu “Keder nemen, ngeblog bae lah ning (GrageCirebon)” artinya “susah amat, ngeblog aja dah di (GrageCirebon)”. Inipun kalimat khas Wong Cirebon yang biasanya sedang uring-uringan, bete, atau lagi kurang kerjaan hihihi.

Nuansa biru dan kuning dominan merupakan warna logo kota Cirebon. Jadi, dipadukan dengan template aslinya dengan warna biru telor asin, hitam dan putih banner header GrageCirebon masih pas-pas saja. Kalau tidak ya dipaksa pas aja kan.

PENGUMUMAN

Bagi Wong Cerbon yang tertarik desain header untuk blog GrageCirebon gunakan ukuran 736×229 pixel, format jpg, gif, atau png.

Bagi yang punya foto pemandangan bagus yang sekiranya cocok untuk menghiasi blog gragecirebon silahkan kirimkan foto.

Kirim header maupun fotonya ke nurzathi@yahoo.co.id


Responses

  1. wala…bener2 tukang ngoprek2 sejati…boleh kenalan donk…nich situs saya
    http://www.adamncc.co.nr
    http://www.hackernoberic.co.cc

    situs tadi buat sharing mengenai ilmu komputer dan dibuka untuk umum.

  2. Headernya bagus….. Ajarin dong gimana caranya agar file gambar kita menjadi header pada blog.
    Mohon penjelasannya dikirim juga ke e-mail : hairulef@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

  3. boleh bagi-bagi ilmunya engga? gw anak indramayu nech… sapa gue yach di zmuttaqien@rocketmail.com

  4. wah gimana ya heheh rfot juga nih, kalu dijelasin. Tunggu tanggalmainnya aja ay, saya lagi bikin tutorial utk wordpress

  5. mas…admin.. tolong dukung Blogger cirebon
    yahhhhh..
    😀

  6. kanggo wong Cerbon sing kepengen bisnis online, klik bae web_e isun >>>

  7. merdeka..!!!

  8. headernya oke, kasih tau dong caranya membuat header yang oke sebab saya masih awam sekali nih, bagi teman-teman yang ingin lihat budaya orang asli kalimantan termasuk malaysia timur, serta brunai kunjungi blog saya, borneocentre.blogspot.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: